Selasa, 21 Juli 2015

Bimbingan Pra Nikah I

Akhirnya aku sama abang bisa bimbingan pra nikah juga karena sebelumnya sempet batal. Aku bimbingan pra nikah di gereja abang di Gereja HKBP Jtw. Bimbingan pra nikah ini dilakukan bersama Amang Pdt. Butar-butar dan bersama dengan 2 pasangan calon pengantin lainnya.
Amang Pdt bilang sebenarnya tidak ada patokan berapa kali kita harus mengikuti konseling pra nikah. Karena konseling bisa dilakukan sebanyak yang kita butuhkan. Maka dari itu juga HKBP sebenarnya tidak mempunyai semacam silabus untuk program konseling pra nikah. Anyway, aku sama abang memutuskan untuk mengikuti konseling di dua gereja yaitu 2x konseling di gereja abang di HKBP Jtw dan 2x konseling di gereja ku di HKBP Wrk.
Inti dari konseling pra nikah pertama kami yaitu kita harus menyamakan persepsi terlebih dahulu pandangan tentang pernikahan itu sendiri, terutama pernikahan dalam kristiani. Pernikahan dalam kristiani adalah pernikahan yang sekali dalam seumur hidup dan NO excuse. Misalnya saja bila pasangan suami istri yang sudah lama menikah dan belum dikaruniai anak. Karena di hadapan Tuhan kita sudah berjanji akan menemani pasangan hidup kita dalam suka maupun duka. Sebenarnya amang Pdt banyak memberikan contoh-contoh nyata yang dekat sekali dengan kehidupan kita sehari-hari. Kita juga harus tahu apa yang menjadi komitmen kita dalam pernikahan.
Selain itu, disinggung juga tentang bagaimana sebuah keluarga menanggapi adat dan budaya dalam kehidupan batak. Karena aku dan abang adalah orang batak maka kami akan banyak bersinggungan dengan ini. Adat adalah karunia. Mungkin, orang-orang di luar sana yang tidak mau mengikuti adat tidak mengerti karena mereka belum pernah tahu atau mengikuti adat. Di dalam adat khususnya terdapat batasan-batasan yang membuat kita lebih memperhatikan norma-norma dan nilai-nilai dalam kehidupkan kita. Misalnya saja, ketika ketika sulit kita akan membutuhkan mereka (orang-orang yang mengikuti adat).
Kira-kira seperti itu konseling pra nikah yang pertama. Lanjut ke konseling sesi kedua nanti yaa….


Love,



Lina

Tidak ada komentar: