Selasa, 30 September 2014

Ujian Kompre



Jum'at kemarin tanggal 26 september 2014 ga akan aku lupa seumur hidup. Cerita ini pasti akan selalu dikenang...

Selama kuliah S2 memang banyak banget suka duka yang dialami karena terus terang aja banyak kejadian yang bikin "ga nyangka". Termasuk pas ujian kompre kemarin... Aku bersyukur kalo ujian kompre sudah usai.. Puji Tuhan. 

Ujian kompre harus ditempuh ketika mahasiswa sudah lulus semua mata kuliah. Anehnya ada mata kuliah yang detik-detik sebelum ujian baru ada yang mengumumkan beberapa mahasiswa nya harus remedial. Huufft untungnya akhirnya dosen memberikan kesempatan untuk ikut ujian kompre dulu. Sebenernya ujian kompre ini juga sedikit dramatis sih.. sempet mendadak sekali dikasih tahu jadwal ujiannya kalo ga salah seminggu sebelum, udah ijin ke tempat kerjaan dan datang ke kampus eh malah diundur (sampe temen sekelas inisiatif belajar bersama di sekolahan Pak Munib setiap hari) dan diundur lagi sampe akhirnya jadi juga tanggal 26 september ini. Tapi belum sampe disitu... 

Malam sebelumnya di grup whatsapp temen-temen sekelas sudah pada mengingatkan kalo ujian kita akan perlu membawa buku-buku referensi, beberapa pulpen, laptop, modem dan kabel colokan. Kebayang kan gimana caranya bawa itu semua. Apalagi buku-buku referensi yang akan dibawa bukan hanya 1 atau 2 buku. Aku sendiri kurang lebih ada 10 buku.. YES! TEN BOOKS! Dengan persiapan malemnya, akhirnya bisa diatur juga semua barang yang akan dibawa dengan 1 tas ransel dan 1 tas tengtengan. Fiuuhh.. Sekarang tinggal bingung cara bawanya karena itu semua super duper berat. Btw, aku sendiri sebenernya ga ada persiapan belajar untuk ujian ini dan semenjak jadwal ujian diundur ga pernah lagi ikut belajar bersama teman-teman karena waktu belajar dan waktu kerja sangat nanggung.

Pagi sekitar jam 9an aku sudah sampe di kampus dan ketemu dengan mas hari (temen sekelas). Ujian kompre dimulai jam 2 siang tapi alasanku dateng pagi adalah karena aku bingung dengan cara isi pulsa modemku karena kebetulan kuotanya sudah abis dan deg-degan kalo pas ujian tiba-tiba ga bisa dipake *maklum modem baru dan ga ngerti.. hehe*. Niatku mau ke smartfren centre tapi memutuskan untuk langsung ke kampus aja bertanya sama temen-temen yang memakai modem yang sama. Padahal ternyata hanya isi pulsa di tempat isi pulsa biasa dan masalah selesai.. Haha. Tapi bukan hanya aku lhoooo yang rempong dengan urusan modem. Banyak juga yang demi ujian sehari itu mengisi kuota modem penuh dan yang ga biasa pake modem sehari-hari malah mengaktifkan modem yang udah lama banget ga kepake bahkan mba Renny (temen kelas) pagi-pagi sekali udah ngantri di tempat modem supaya modem yang lama aktif kembali...

Setelah satu jam aku sama mas hari datanglah menyusul teman-temanku yang lain... Selama menunggu kami makan siang dulu di warung kebun masih di area kampus. Karena tas-tas yang kita bawa berat dan ribet kalo dibawa sambil makan siang akhirnya ga semua temen ikutan makan sama-sama. Ada yang bergantian bertugas jaga tas. Dan kebetulan ada foto-foto selfienya...Check it out below!

Akhirnya tiba juga ujiannya... setelah mencaari tempat duduk sesuai nomor akhirnya hal pertama yang aku lakukaan adalah menaruh tas dan langsung mengeluarkan kabel colokan.. lalu tentu aja mencai sumber listrik terdekat karena udah rebutan bookkk..... Untungnya setelah tarik sana-tarik sini, colok sana, colok sini akhirnya berhasil juga deh.. dan aman tentunya. Seenggaknya selama ujian ga direpotkan lagi dengan hal-hal teknis kayaa batere laptop mati atu hp drop baterenya. Maklum.. di saat ujian gini whatsapp penting banget gunanya... wkwkwkwk

Setelah semua siap lalu masuklaah kaprodi dan sekretaris tanda ujian akan dimulai. Tapiiiiiii musik yang ada di lapangan sebelah gedung itu lho mengganggu BANGET! Selain itu beliau mengatakan kalo kursi setiap peserta ujian terlalu dekat. Dan akhirnya di rubah lagi deh tuh susunan tempaat duduk dan tentuya merubah colokan listrik dengan hati-hati pula. Ribet kan! Setelaah tempat duduk peserta ujian beres dan sesuai dengan standar ternyata lagi ada acara yang dibuat oleh mahasiswa S1 di lapangan sebelah gedung tempat kita ujian.. GGRRR!! Suara MC dan bandnya bener-bener mengganggu dan kenceng banget. Biarpun begitu, dengan sedikit kesal ibu kaprodi memutuskan untuk membagikan soal ujian terlebih dahulu sambil memikirkan gedung lain. IYA!!! kita aakhirnya pindah.. Kebayang ga tuh saudara-saudaraaaa??? Huhuhu...

Lembar soal dan jawaban, buku-buku dan alat tulis yang tadinya udah dikeluarin dan disusun akhirnya harus cepet-cepet dimasukkan. Setelah itu barulah mengamankan chargeran laptop dan kabel listrik yang udah beranak-pinak lalu dimasukkan ke dalam tas seadanya. Dan terakhir bingung laptop mau gimana karena dalam keadaan nyala dan kalo dimatiin makan waktu banget akhirnya aku panggul tas ranselku, tangan kanan pegang tas tentengan yang super berat dan tangan kiri pegang laptop yang masih nyala... Demi Tuhan selama perjalanan ke gedung yang dimaksud aku sebenernya udah ga kuat dan gemeteran, tangan kanan serasa kaku dan laptop mau jatuh. Mau minta tolong temen yang lain tapi temen-temen yang lain juga pada punya bebannya sendiri.. hikkssss... *Hellpppp* ternyata letaknya ada di lantai 2.. aku kuat-kuatin tanganku dengan harapan cepet sampe.

Sesampainya di tempat aku langsung cari nomor kursiku dan thanks God deket banget sama aliran listrik. Dengan cepet aku langsung keluarin rol kabel supaya ga diambil duluan dengan teman yang lain... hehe. Aman deh. Hufftt... Tempatnya memang jauh lebih luas dan nyaman banget. Kebayar deh tuh rasa sakit seluruh badan karena ngangkut tas... Aku duduk sebentar sambil kipas-kipas karena kecapean dan atur semua alat tulis... Bookkk tangan kanan ku gemeteran banget, nulis aja ga bisa. Panik! Aku berusaha tenang dan pijit-pijit sebentar.. dan akhirnya aku lanjutin pelan-pelan baca dan isi soal-soal ujian.

Keadaan mulai tenang setelah kehebohan-kehebohan yang terjadi.. dan semua orang tenggelam dengan jawaban-jawaban soal yang buanyaaakk banget.. aku sendiri ga inget berapa persisnya jumlah halaman jawaban tapi yang pasti kurang lebih 10 halaman... Hahaha. Semua jawaban di tulis dengan bergonta ganti posisi duduk... mulai dari duduk di kursi sampe setengah tiduran di lantai trus duduk lagi di kursi trus duduk di lantai..gitu lah siklusnya kurang lebih...wkwkwk... cuma satu kata "Capeeekkkk!" Yang lain juga gitu ko... malah ada yang cuek bebek aja tiduran.. hahaha... pokonya semua orang mencari posisi ternyaman. Tulisannya pun berubah-ubah.. halam 1 sampai halaman 3 tulisannya kelihatan rapi sekali. Mulai halaman keempat sudah mulai capek dan ga jarang pijit-pijit tangan sebentar di sela-sela nulis. Tulisannya pun udah mulai 'males' dan akhirnya mulai di halaman 7 sampe seterusnya tulisannya kelihatan banget bedanya dari yang di halaman awal.. hahaha... Menyerupai tulisan latin malas dengan lengkungan-lengkungan yang pendek dan ga teratur.. SWEARR deh capeeek tau.. kadang malah menggerutu sendiri kalo udah capek nulisnya padahal masih banyak banget yang harus ditulis. Untungnya pas lagi capek nulis ada temen-temen yang  upload foto dan berselfie ria di whatsapp.. lumayan jadi hiburan.. ga lupa juga juga aku selfie juga dong.. kebetulan yang duduk di sebelahku temen sekelasku yaitu Uda Real, Mas Rizky dan Mba Renny.. Temen-temen yang lain entah pada nyasar dimana...

Hampir semua soal adalah analisis dan walaupun waktu yang diberikan cukup panjang. buatku itu masih belum cukup. Mungkin karena aku memang agak lama kali yaaa mikirnya... Untung aja ada bantuan buku kompre (kumpulan soal-soal kompre dari tahun ke tahun) yang beberapa soal sama dan ada jawabannya langsung... yaudah deh tanpa berbasa-basi akhirnya aku salin aja.. hehehe *ketauan deh*

Akhirnya udah jam 8!!! Ga nyangka akan seribet dan selama ini puang dari kampus. Ini adalah rekor pulang terlama ku selama di kampus ini dan ternyata masih banyak mahasiswa S1 lho... *baru tau

And You Know What???!!! Abang ada di kampus ku juga lho.. tiba-tiba dia bilang kangen trus mau ngajakin nonton makanya dia nyamperin aku di kampus. Karena rencana awal jam 19.30 selesai ujian dan ternyata selesainya jam 20.00 jadi kita ga jadi nonton dan berpisah di parkiran.... Padahal aku juga ga setuju kita jalan hari ini karena kasihan banget abang jauh-jauh dalam keadaan capek dan besoknya kan weekend jadi kita bisa besok aja deh jalan-jalannya... Selain itu besoknya (hari sabtu) abang ada psiko test jadi harus istirahat dan belajar. Tapi si abang yang gendut sekali itu.. *hehe* malah maksa. Ko so sweeetttt bangetttt siihhhh.... Tapi aku jujur seneng banget abang dateng.. Kayanya seharian yang ribet itu ga kerasa pas ada abang... *Pas nyampe rumah baru deh tuh badan berasa mau rontok* Padahal aku udah buru-buru selesai dan beres-beres segala hal yang berserakan daaaan masih aja ada yang ketinggalan.. Udah kesenengan duluan ketemu abang yang udah ga sabar nungguin aku padahal udah aku cek sekeliling. Jadilah buku kompre ku yang dipinjem mba renny, charger laptop dan kabel colokan ketinggalan... Hahaha.. untungnya ada mas Rizky yang baik hati dan tidak sombong yang nyimpenin..Special thanks to Mas Rizky... Panik banget deh pas tahu barang-barangku itu semuanya ketinggalan.

Terlepas dari semuanya itu... Aku bersyukur kompre yang ditunggu sudah usai. Artinya langkah yang harus kujalani semakin sedikit.. Aku harus selalu ingat pada tujuan awal kalo aku harus selalu semangat belajarnya dan pada akhirnya nanti aku akan lulus dengan tepat waktu dan nilai yang baik. Semoga juga kompre yang sudah aku dan teman-temanku jalani bisa LULUS. Amiiin.

Perjuangan masih berlanjut!!!! Semangat!!!

Lunch with Gilang, Mas Hari, Uda Real, Yuni and Mba Renny

Taking the picts using the fish eye
Yeaaahhh....
Smileeee
While doing the exam
With Uda Real
Masih sempet aja... hehe
Pak Uci was so seriously doing 
Look at everyone... so serious

The bags were here and there

Mas Rizky was hiding behind his chair

The view from my side

My classmates somehere else (taken from group whatsapp)

Mas Satria was very comfortable with his "Pewe" position 

The books, the papers, shoes, bags, laptops, bottles, jackets, whatelse can you see..

Hoping that everyone will pass...

Chargeranku yang ketinggalan.... huhuhu
Love,



Lina





Tidak ada komentar: